-->

Cara Mudah Agar Mangga Cepat Berbuah | Dijamin Berhasil


Cara Mudah Agar Mangga Cepat Berbuah | Dijamin Berhasil



Tips Agar Mangga Berbuah

Mangga merupakan salah satu buah yang banyak digemari oleh orang. Karena mangga memiliki rasa yang manis dan memiliki kandungan manfaat yang bagus bagi tubuh. Oleh karena itu banyak pemilik pohon mangga yang mencari cara mangga cepat berbuah. Semakin cepat mangga berbuah maka kita bisa semakin cepat menikmatinya. Apalagi mangga ini perawatannya tergolong mudah dan hampir setiap rumah memiliki pohon mangga di depannya.
Mangga memiliki jenis yang bermacam-macam dan setiap jenisnya memiliki cita rasa yang berbeda. Meski rasanya berbeda namun semua mangga memiliki rasa manis ketika matang. Jenis-jenis mangga yang banyak ada di indonesia diantaranya mangga golek, mangga arum manis, mangga apel, mangga madu, mangga semar, mangga indramayu dan masih banyak lagi.
Cara Agar Pohon Mangga Berbuah
Untuk anda yang memiliki pohon mangga namun belum berbuah dan sedang mencari agar mangga cepat berbuah. Maka anda bisa menyimak cara dibawah ini agar mangga cepat berbuah.


Penyebab Pohon Mangga Tidak Mau Berbuah

Kenapa pohon mangga tidak berbuah? Pertanyaan ini pasti muncul di kepala Anda sangat mengetahui pohon mangga Anda tidak juga kunjung berbuah Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan pohon mangga tidak mau atau berhenti berbuah. Kita sebaiknya mengetahui sebab-sebab ini agar dapat memilih cara yang tepat dalam menangani pohon mangga yang sulit berbuah.

1. Mutasi Gen

Pohon mangga dapat mengalami mutasi gen yang menyebabkan pohon mangga tidak mau berbuah atau menjadi mandul. Jika sudah begini maka mau tidak mau Anda harus menanam pohon mangga baru lagi.

2. Belum Masuk Umur Untuk Berbuah

Pohon juga memiliki usia standar untuk dapat berbuah. Jika memang mangga Anda belum masuk ke dalam umur untuk berbuah maka sudah pasti tidak akan mau berbuah. Masing-masing jenis mangga memiliki usia yang berbeda-beda untuk dapat berbuah. Jadi sebaiknya pelajari dulu usia berbuah pohon mangga Anda sebelum menyimpulkan bahwa ia tidak mau berbuah.

3. Pemberian Pupuk dengan Kadar Nitrogen Tinggi

Nitrogen memang diperlukan oleh tanaman, tetapi kadar yang terlalu tinggi hanya akan membuat pohon mangga menjadi terlalu rimbun. Akibatnya sinar matahari menjadi terhalang untuk mencapai pohon. Jika sudah begini maka proses fotosintesis akan menjadi kurang sempurna. Hal ini akhirnya menjadikan bunga yang muncul menjadi sedikit dan kurang bagus kualitasnya.

4. Faktor Lain

Beberapa faktor lain juga dapat menjadi penyebab kenapa pohon mangga tidak berbuah. Misalnya seperti lahan kurang subur, serangan hama, kurang air, cuaca yang buruk, daerah yang tidak cocok dengan karakteristik tanaman, dan lain-lain.

Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Mangga Cepat Berbuah

Penyebab Mangga Tidak Berbuah
Kebanyakan orang hanya langsung menanam mangga tanpa memperhatikan beberapa hal berikut ini. Ketika pohon mangganya tidak mau berbuah mereka baru bingung dan mencari jawaban. Agar tidak melakukan kesalahan yang sama, sebaiknya Anda ikuti tips berikut ini dalam menanam pohon mangga supaya cepat berbuah.

1.  Pembibitan

Jika anda ingin mangga cepat berbuah maka sebaiknya memilih bibit yang berasal dari hasil cangkokan. Bibit dari hasil cangkokan lebih cepat  berbuah dibandingkan dengan bibit yang berasal dari biji. Untuk melakukan cangkokan, pastikan bibit cangkokan diambil dari pohon mangga yang sehat dan memiliki buah dengan kualitas bagus. Selain itu perhatikan juga batangnya dan juga kesuburan daun.

2. Penanaman bibit hasil cangkokan

Untuk mendapatkan hasil terbaik bibit yang berasal dari cangkokan jangan ditanam langsung ke tanah melainkan kita taruh terlebih dahulu di polybag. Usahakan polybagnya sudah terlebih dahulu diisi dengan tanah dicampur dengan pupuk kandang. Tanam pohon mangga ke tanah lapang setelah lebih dari satu bulan berada di polybag.

3. Lahan Tanam

Sebaiknya bersihkan terlebih dahulu tanah yang akan dijadikan tempat menanam bibit mangga dari berbagai macam rumput liar maupun gulma. Setelah bersih, buatlah lubang dengan kedalaman sekitar 30 cm. Sebelum memasukan bibit mangga ke dalam lubang pastikan buang terlebih dahulu buang plastik polybag. Untuk menimbun lubangnya gunakan campuran pupuk kandang dan tanah.

4. Pengairan

Jika anda menanam pada musim kemarau maka perlu dilakukan penyiraman agar bibit yang kita tanam tidak mati. Siram dua kali pada pagi dan sore hari. Untuk musim hujan maka tidak perlu dilakukan penyiraman.

5. Pemupukan

Pemupukan sangat penting dalam mempercepat mangga berbuah. Anda bisa menggunakan pupuk kandang, pupuk organik maupun pupuk kimia. Tapi yang terbaik adalah menggunakan pupuk kandang dan pupuk organik.
Pupuk organik terbaik yang bisa digunakan agar mangga cepat berbuah adalah pupuk multimikroba. Dimana dengan pupuk ini tanah bisa menjadi lebih subur, lebih gembur dan pohon mangga menjadi lebih mudah mencari sumber makanan.

Cara Agar Mangga Cepat Berbuah

Agar Pohon Mangga Berbuah Lebat

Melakukan Sayatan Pada Pohon Mangga

Cara agar pohon mangga mau berbuah adalah kita membuat sayatan pada pohon mangga dengan lebar 2 cm melingkar pada pohon. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar pohon mangga mengeluarkan getahnya sebanyak mungkin. Kemudian kupas batang mangga sekitar 5 cm dari permukaan tanah.
Buat kubangan air melingkari pohon mangga dengan diameter kurang lebih 1 meter. Kubangan ini nantinya digunakan untuk menampung air. Jika sudah dua hari timbun kubangan tersebut dengan tanah. Cara ini bisa membuat pohon mangga cepat berbuah.
Cara membuat pohon mangga berbuah ini harus dilakukan dengan hati-hati dan sebaiknya didampingi oleh orang yang ahli. Karena jika salah dalam melakukan maka pohon mangga bukannya berbuah justru akan mati. Anda harus mempelajari cara menyayat pohon mangga agar berbuah yang benar terlebih dahulu baru mempraktekannya. Anda bisa mempelajarinya melalui video di Youtube agar lebih jelas.

Menggunakan Obat Perangsang Buah

Cara agar pohon mangga berbuah lebat yang paling mudah adalah menggunakan obat perangsang buah. Obat semacam ini saat ini sudah banyak tersedia di berbagai toko pertanian. Anda juga bisa membeli obat agar pohon mangga cepat berbuah secara online jika memang di daerah Anda tidak ada. Biasanya menggunakan cara ini hasilnya akan cepat terlihat dan tidak perlu menunggu lama-lama.

Demikianlah informasi mengenai cara agar pohon mangga cepat berbuah. Semoga bisa membantu Anda yang sedang membutuhkan informasi ini.

0 Response to "Cara Mudah Agar Mangga Cepat Berbuah | Dijamin Berhasil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel