-->

Bisa Dikendalikan, Agustus Kehidupan Kembali Normal


Pemerintah menyatakan penyebaran penyakit Coronavirus Disease atau Covid-19 di Indonesia sudah mulai dapat dikendalikan.
Diharapkan kondisi kebidupan masyarakat kembali normal dengan gaya baru pada Agustus nanti.
Hal itu disampaikan pemerintah melalui Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto di kantor BNPB, Jakarta, Selasa (5/5/2020), sebagaimana keterangan pers diterima Tribunbanten.com.
“Kita bersama-sama harus bisa menjalankan ini, kalau kita menginginkan pada bulan Juni pada bulan Juli kasus ini bisa kita dikendalikan,” kata Yurianto.
“Kasus (Covid-19) ini sudah mulai bisa kita kendalikan dan kehidupan kita sudah mulai menjadi lebih baik lagi. Pembatasan-pembatasan sudah mulai dikurangi. Komitmennya ada di kita,” sambungnya.
Yurianto mengatakan, kunci keberhasilan pengendalian Covid-19 terletak pada kepatuhan dan kedisiplian oleh seluruh elemen masyarakat dalam menjalankan pembatasan dan protokol kesehatan Covid-19 yang dikeluarkan pemerintah.
Dalam hal ini, pengendalian Covid-19 tidak akan bisa dilakukan bila yang berkomitmen hanya sebagian atau sekelompok orang.
Pemerintah memprediksi kebidupan masyarakat sudah kembali normal pada Agustus 2020.
“Sudah bisa menjadi kondisi normal yang baru, dalam artian, bahwa kita sudah memiliki kehidupan yang berdisiplin. Disiplin untuk mencuci tangan, misalnya, disiplin untuk mengikuti pola hidup bersih dan sehat,” tandasnya.
Menurutnya, dengan setiap orang menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, secara tidak langsung akan menyelamatkan diri sendiri, keluarga, tetangga, lingkungan, dan bangsa Indonesia.
“Kita yakin bisa. Kuncinya adalah kita harus bersama dan bergotong-royong,” ujarnya.
Sebelumnya, pemerintah melalui juru bicara untuk penanganan Covid-19 melansir jumlah kasus Covid-19 di Indonesia per Selasa, 5 Mei 2020, pukul 12.00 WIB, sebanyak 12.071 orang atau bertambah 484 orang dalam sehari terakhir.
Tercatat, tambahan 484 orang warga yang terjangkit virus corona tersebut adalah tertinggi terjadi di Indonesia sejak kasus pertama diumumkan pemerintah 2 Maret 2020 lalu.
Meski jumlah kasus Covid-19 naik signifikan, namun jumlah pasien Covid-19 yang sembuh juga meningkat. Sementara, jumlah pasien Covid-19 yang meninggal terus berkurang hari demi harinya.
Per Selasa (5/5/2020), terdapat 243 orang pasien Covid-19 yang sembuh dan delapan pasien Covid-19 meninggal dalam 24 jam terakhir.
Total ada 2.197 orang pasien Covid-19 sembuh dan 872 orang pasien Covid-19 yang meninggal.
Pada Senin (4/5/2020) atau sehari sebelumnya, terdapat tambahan 78 pasien sembuh dan pasien Covid-19 meninggal sebanyak 19 orang dalam satu hari.
Diketahui, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah mengeluarkan sejumlah kebijakan dan anjuran protokoler kesehatan untuk pencegahan Covid-19 di Indonesia.
Mulai pembatasan jarak fisik atau physical distancing dan menghindari kerumunan, tetap berada di rumah, mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin, pengenaan masker saat aktivitas di luar rumah hingga penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB.
Bahkan, pemerintah terpaksa mengeluarkan larangan mudik untuk seluruh masyarakat pada perayaan hari raya Idul Fitri tahun ini demi mencegah potensi tinggi penyebaran virus mematikan itu.
Sumber: tribunnews.com

0 Response to "Bisa Dikendalikan, Agustus Kehidupan Kembali Normal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel