-->

8 Tips jitu agar cepat dipanggil interview dan diterima kerja

8 Tips jitu agar cepat dipanggil interview dan diterima kerja

Setelah selesai mengenyam pendidikan formal, kamu mungkin ingin langsung dapat bekerja. Sayangnya, mendapatkan kerja tanpa pengalaman kerja sebelum terkadang adalah hal yang cukup sulit.  
Tapi jangan sedih, karena ada beberapa cara jitu untuk cepat dipanggil interview yang bisa lakukan. 

Tips agar cepat dipanggil interview

Agar langkahmu lebih terarah, berikut ini adalah beberapa tipsnya. 

Cantumkan keahlian

Saat melamar kerja dan menginginkan posisi yang sesuai dengan keahlian yang kamu miliki, kamu harus dapat menjelaskan secara spesifik keahlian yang dimiliki. Sebutkan juga software atau alat kerja apa yang dikuasai. 
Misalnya, jika ingin melamar sebagai akuntan, kamu harus menjelaskan kemampuanmu dalam proses pembukuan keuangan serta keahlian dalam program komputer akuntasi. Dengan begitu, tim penyeleksi akan mengetahui potensi yang dimiliki dan kamu layak dipertimbangkan untuk diterima kerja. 

Jadikan media sosial sebagai portofolio

Di era canggih seperti sekarang, banyak pencari tenaga kerja yang memeriksa latar belakang kandidat dari aktivitasnya di media sosial. Karena itulah, jika ingin cepat dapat pekerjaaan, pastikan akun media sosial kamu digunakan untuk hal-hal yang positif. 
Kamu juga dapat memanfaatkan akun media sosial kamu tersebut sebagai media portofolio. Contohnya, jika kamu memiliki blog, isi blog-mu dengan artikel artikel yang membangun atau karya-karya yang pernah kamu buat.

Berteman dengan HRD via Linkedin

Kamu bisa mencoba untuk berteman atau terkoneksi dengan tim sumber daya manusia atau human resources development (HRD) di LinkedIn. Staf maupun kepala HRD biasanya membagikan informasi lowongan kerja melalui status yang mereka tulis.  
Kamu pun bisa melihat kualifikasi yang mereka butuhkan, dan kesesuaiannya dengan kemampuan Kamu. Dengan demikian, kamu bisa mempersiapkan diri dengan baik.

Minta rekomendasi 

Jika sebelumnya kamu pernah magang atau aktif di lingkungan kampus, ada baiknya kamu melampirkan surat rekomendasi yang dari orang-orang yang mengenal dan mengetahui potensi serta keahlianmu. 
Surat rekomendasi bisa berasal dari dosen pembimbing, ketua organisasi tempatmu pernah terlibat dan aktif, atasanmu saat magang, atau dari kepala sekolah jika kamu lulusan Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan.
Dengan begitu, kamu memiliki poin plus karena sudah direkomendasikan oleh orang-orang yang pernah bekerja sama dengan kamu. 
tips agar cepat dipanggil interview - EKRUT
Perhatikan pakaian dan cari tahu beberapa pertanyaan yang mungkin ditanyakan 

Tips agar cepat diterima kerja

Nah, setelah kamu melakukan beberapa cara di atas, jangan lupa juga untuk melakukan beberapa cara berikut ini setelah kamu sukses dipanggil interview.

Perhatikan pakaian

Saat kamu akhirnya berkesempatan untuk dipanggil interview, ingatlah untuk mengenakan pakaian yang pantas, sopan, dan sesuai dengan budaya kantor. Misalnya kamu mendapat panggilan interview di perusahaan startup yang nampak santai, kamu bisa datang interview dengan menggunakan pakaian smart casual. 
Sedangkan jika kamu dipanggil oleh perusahaan koorporat, pakaian yang cukup formal bisa menjadi pilihanmu. Jadi, pastikan kamu mengetahui bagaimana tipe perusahaan tersebut. 

Jujur saat interview

Saat interview, ada baiknya kamu tidak perlu melebih-lebihkan kemampuanmu hanya untuk terlihat lebih menarik dibandingkan kandidat lainnya. Yakinlah bahwa dengan jujur kamu akan mendapatkan pekerjaan yang tepat, bahkan tidak menutup kemungkinan hal ini menjadi nilai tambah dari perekrut.  

Pelajari beberapa pertanyaan interview

Selain memerhatikan pakaian, kamu juga perlu mempersiapkan dirimu dengan berlatih interview. Cobalah untuk mencari beberapa pertanyaan kunci yang banyak ditanyakan saat interview
Selain itu, cari tahu juga beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan posisimu. Misalnya jika kamu mendapatkan panggilan sebagai Sales, maka cobalah untuk mencari tahu pertanyaan interview untuk Sales. 

Cari tahu tentang perusahaan

Melakukan riset kecil mengenai perusahaan yang akan kamu datangi untuk interview adalah hal yang penting. Pasalnya hal ini akan membantumu untuk menjawab beberapa pertanyaan interview
Langkah ini juga akan membantumu untuk lebih mengenal perusahaan tersebut, dan siap untuk sesi interview.  
Itulah beberapa tips jitu agar cepat dipanggil interview, dan beberapa cara agar kamu dapat cepat diterima kerja. Jika sekarang kamu masih kesulitan dalam mencari kerja, jangan menyerah. Selalu ada jalan jika kamu berusaha.
Semangat

0 Response to "8 Tips jitu agar cepat dipanggil interview dan diterima kerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel