-->

Bisnis Pertanian Yang Laris Dan Cepat Untung


Bisnis Pertanian Yang Laris Dan Cepat Untung


Pertanian saat ini tidak lagi dipandang sebelah mata atas berkembangnya teknologi dan pengetahuan yang sangat pesat. Dengan adanya inovasi teknologi yang hebat, bisnis pertanian kini tidak lagi melulu bergelut dengan panas terik matahari yang khas dengan suasana persawahan misalnya. Melalui perkembangan teknologi kini dunia pertanian semakin mudah dan menghasilkan kuantitas serta kulitas komoditi yang bagus. Dunia pertanian saat ini bisa dibilang menjadi lahan bisnis yang sangat menguntungkan, mengingat seluruh komponen dalam kehidupan dunia ini yang selalu membutuhkan hasil-hasil pertanian dalam menggerakkan aktivitas masyarakat dunia. Ditambah dengan jumlah masyarakat dunia yang semakin bertambah, kebutuhan akan hasil alam terlebih bahan makanan pokok misalnya mnejadi terus bertambah. Hal ini yang mendasari bahwa bisnis pertanian semakin ke depan, semakin diperlukan akibat bertambahnya komponen kehidupan di dunia ini. Berikut akan kami jabarkan beberapa jenis usaha atau bisnis yang patut anda coba dalam dunia pertanian:
  1. Bisnis sayuran organik
Dewasa ini, kesadaran akan kesehatan mulai diperhatikan oleh sebagian besar masyarakat dunia. Penggunaan bahan-bahan kimia dalam kegiatan pertanian lambat laun mulai dikurangi. Hal ini dikarenakan, bahan kimia yang digunakan dalam kegiatan pertanian secara tidak langsung bisa masuk ke dalam produk pertanian dan dapat terkonsumsi oleh manusia. Semakin banyak zat kimia yang menumpuk di dalam tubuh akan menimbulkan berbagai masalah terhadap kesehatan. Zat kimia yang biasa digunakan untuk kegiatan pertanian sebagian besar berasal dari pemberian pupuk anorganik atau pestisida untuk menghindari hama. Dengan bertambahnya pengetahuan tentang kesehatan di lingkungan masyarakat, kini permintaan terhadap sayuran anorganik mulai perlahan-lahan berkurang. Masyarakat sebagian besar mengubah pilihan mereka ke sayuran organik yang notabene’nya tidak menggunakan bahan kimia atau anorganik dan menggunakan pupuk organik. Harga dari sayuran organik memang dikenal lebih mahal karena perawatan yang cukup sulit. Hal inilah yang menjadi alasan bahwa bisnis sayuran organik tergolong bisnis pertanian yang cepat untung.
     2. Bisnis jual alat pertanian
Dunia perkembangan teknologi tumbuh sangat cepat. Seperti misalnya membajak sawah tidak harus menggunakan bantuan sapi atau kerbau. Kini membajak sawah bisa menggunakan alat traktor. Inovasi-inovasi mulai bermunculan yang tujuannya agar semakin memudahkan dalam melakukan aktivitas pertanian. Bisnis jual beli alat pertanian boleh anda coba sebagai salah satu alternatif bisnis dalam ranah pertanian yang dipercaya memberikan laba yang besar dan pasti dicari oleh pelaku kegiatan pertanian. Dalam menjalankan bisnis alat pertanian ini, anda juga disarankan untuk selalu update mengenai alat pertanian modern, sehingga tujuannya bisa mneyalurkan produk inovasi modern pada petani.
3. Bisnis benih tanaman
Keberhasilan pertumbuhan dan perkembangan tanaman bergantung pada jenis benih pertama kali yang ditanam. Pemilihan benih menjadi aspek pertama dan terpenting agar hasil pertaniannya dapat menempati kualitas dan kuantitas yang baik. Jika anda ingin memulai bisnis benih tanaman, anda bisa mencoba menjual berbagai jenis benih unggulan yang banyak dicari oleh pelaku kegiatan pertanian. Benih unggulan biasanya didapatkan dari induk unggulan. Peluang bisnis ini bisa dikatakan cukup bagus karena mengingat setiap memulai kegiatan bercocok tanam pasti membutuhkan benih.
     4. Bisnis jual beli produk pertanian online
Nah ini adalah salah satu dari dampak kemajuan teknologi informasi yang sangat cepat. Kini untuk melakukan jual beli tidak harus tatap muka atau berada di satu tempat. Dengan adanya teknologi informasi yang biasa kita sebut pasar pertanian online ini, kita bisa menjual atau membeli produk pertanian dari berbagai daerah atau bahkan berbeda benua sekalipun. Adanya media online memberikan banyak keuntungan seperti konsumen atau pangsa pasar kita yang jauh lebih luas. Selain itu kita juga diringankan dalam biaya transaksi.
     5.Bisnis pupuk
Pupuk merupakan salah satu elemen terpenting dalam menyokong keberhasilan kegiatan pertanian. Pupuk bisa dikategorikan menjadi pupuk organik maupun pupuk anorganik. Jika pupuk organik berasal dari kotoran hewan atau dari tumbuhan yang telah busuk. Pupuk organik sifatnya mudah terurai dan tidak menimbulkan efek samping pada hasil pertanian. Jika pupuk anorganik berasal dari zat-zat kimia yang sifatnya tidak mudah terurai. Penggunaan pupuk anorganik bisa memberikan kuantitas dan kualitas hasil pertanian yang jauh lebih bagus dari penggunaan pupuk organik. Tujuan utama dari penggunaan pupuk yaitu agar mencapai hasil pertanian yang dalam jumlah banyak dan kualitas bagus. Setiap kegiatan pertanian hampir semuanya membutuhkan pupuk, sehingga pemilihan bisnis pupuk bisa mnejadi alternatif usaha anda dan dipercaya menjadi salah satu bisnis yang dapat memberikan keuntungan cepat.
      6.Bisnis ekspor-impor produk pertanian
Dunia perdagangan internasional kini sudah mencapai tahap melewati batas. Artinya, seluruh negara di dunia bebas melakukan transaksi perdagangan segala aspek dengan mudah. Begitu juga dengan transaksi produk pertanian. Banyak dari negara di dunia yang tidak bisa mencukupi kebutuhan pertanian dengan sumber daya alam di dalam negaranya sendiri, maka dibutuhkanlah jual beli dari negara lain yang dapat menghasilkan produk pertanian yang dibutuhkan. Peluang bisnis ekspor-impor produk pertanian sampai di tahun ini dirasa menjadi bisnis yang sangat menguntungkan. Apalagi dengan kondisi alam kita yang mendukung untuk menghasilkan banyak produk pertanian yang dibutuhkan oleh negara-negara di dunia membuat kita ada di posisi yang menguntungkan.
Nah diatas adalah beberapa contoh bisnis pertanian yang menguntungkan hingga saat ini dalam kategori pertanian. Jenis tersebut haruslah tetap diimbangi dengan jiwa wirausaha dan pola pikir yang inovatif.

0 Response to "Bisnis Pertanian Yang Laris Dan Cepat Untung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel